Pentingnya Mengawasi Pergaulan Anak Perempuan

Diposting pada: 2016-02-22, oleh : Jauhari, Kategori: Dunia Pendidikan

Memiliki anak merupakan tanggung jawab yang besar untuk membesarkan dan membimbing anak menjadi orang dewasa yang baik. Bukan hal mudah terlebih terhadap anak perempuan. Banyak orang tua yang ingin melindungi anaknya dari bahaya sehingga tidak sedikit orang tua yang menjadi over protektif pada anak, cara mendidik seperti ini tidak banyak berhasil karena mendorong anak untuk mencari akal dan membohongi orang tua bila orang tua sudah berlebihan, tidak banyak anak yang memilih lari dari rumah.

Pentingnya Mengawasi Pergaulan Anak Perempuan-mama365.mkOver protektif para orang tua juga tidak bisa disalahkan dengan semakin majunya zaman dan masuknya pengaruh dari negara luar yang berbeda adat istiadat dengan Indonesia membuat pergaulan anak khususnya anak gadis menjadi lebih ekstrim dibanding sebelumnya.

Membimbing anak dalam pergaulan adalah salah satu tugas orang tua janganlah terlalu sibuk bekerja dan sibuk mengurusi berbagai urusan dan membiarkan anak tumbuh dewasa dengan sendirinya. Cara mendidik anak perempuan yang baik adalah mengedepankan komunikasi, rasa saling percaya, menghormati dan rasa empati yang tinggi. Ajarkan ajaran agama terhadap anak gadis sejak kecil sehingga saat anak Anda beranjak remaja tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

Jangan larang anak untuk bergaul karena dengan bergaul anak akan belajar untuk bertanggung jawab dan mengambil keputusan, berikan batasan-batasan tertentu sehingga anak tetap dapat bergaul dan Anda sebagai orangtua dapat mengawasi. Mengawasi pergaulan anak dapat dilakukan melalui sosial media, usahakan agar orang tua berteman atau mengikuti akun sosial media anak dengan ini orang tua dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan serta dapat mengetahui dengan siapa saja anak bergaul.

Pada masa remaja anak perempuan akan senang untuk berlibur dan menghabiskan waktu dengan teman-temannya maka buatlah quality time bersama seluruh keluarga misalnya dengan selalu makan malam bersama atau berlibur bersama sebulan sekali. Hal ini akan membuat anak tidak terlalu fokus terhadap teman-temannya tapi juga peduli terhadap keluarganya. Buatlah susana nyaman sehingga anak tidak merasa sendiri dan merasa orangtua peduli serta menyanyanginya.

Semua orangtua pasti ingin melihat anaknya baik, oleh sebab itu disarankan untuk semua orangtua supaya anak diberi contoh yang baik khususnya anak perempuan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber) - 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id